Senin, 11 Oktober 2010

Pembunuhan

1. Pembunuhan itu adalah satu dari dosa-dosa besar sebagaimana firman Allah s.w.t yang bermaksud :-

“Barang siapa yang membunuh orang-orang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah neraka jahanam kekal di dalamnya dan Allah murka dan mengutuknya dan disediakan azab yang berat untuknya.”
(Surah An-Nisa’a Ayat 93)

Firman Allah s.w.t yang bermaksud :-

” Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu qisas (balasan yang sesuai dengan perbuatan) dengan sebab membunuh orang.”

2. Cara-cara pembunuhan ada tiga cara :

1) Sengaja

i) Membunuh dengan sengaja. Yaitu seseorang yang bertujuan untuk membunuh dengan menggunakan sesuatu alat yang boleh membunuh atau mematikan seseorang.

Hukumannya :- – Pembunuhan wajib dibalas dengan bunuh juga (qisas) kecuali ahli waris yang terbunuh memaafkan dengan membayar diyat mughallazah (denda yang berat) ataupun dimaafkan tanpa membayar diyat(denda) –

Syarat wajib qisas :-

1) Islam
2) Tiada dimaafkan oleh ahli waris

2) Tidak sengaja

- Yaitu pembunuhan yang tidak disengajakan sebagai contoh seseorang itu menembak binatang tetapi tertembak seseorang yang lain dan menyebabkan orang itu terbunuh.

Hukuman :-
Tidak dikenakan qisas (balas bunuh) tetapi dia kena diyat mukhafafah (denda yang ringan). Diyat itu dibayar oleh adik-beradik pembunuh dan bayarannya boleh ditangguhkan selama tiga tahun. -

Firman Allah s.w.t yang bermaksud :-

“Barang siapa yang membunuh seseorang yang beriman dengan tidak disengajakan maka hendaklah dia memerdekakan seorang hamba yang beriman serta membayar diyat (denda) kepada ahli yang terbunuh.”

(Surah An-Nisa’a – Ayat 92)

3) Menyerupai sengaja

- Yaitu seseorang yang memukul orang lain dengan sesuatu alat yang biasanya tidak mematikan seperti ranting kayu tetapi bisa mati dengan pukulan itu

. – Hukumannya:-

Tiada wajib qisas (balas bunuh) tetapi diwajibkan ke atas keluarga pembunuh membayar diyat mughallazah (denda yang berat) dengan secara beransur – ansur selama tiga tahun.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tiiiiwwiii...... ajarin akuu java script doongg.... km kan pinter bgt